Selasa, 10 November 2015

Menjadi Mentee Yang Baik, Agar Sukses Bersama

Dalam proses mentoring bisnis, jika ada ketidaksuksesan maka tidak selamanya adalah kesalahan mentor, karena pada dasarnya mentoring ini bentuk memberi dan menerima, bisa saja yang memberi sudah optimal dengan cara yang terbaik, namun yang menerima justru santai, kadang serius kadang main HP, kadang keluar merokok.
Mentoring akan sukses jika memang ada kesadaran dari keduanya, mentor dan mentee (yang sedang dibina oleh mentor) dan setidaknya seoarang mentee  harus memiliki pola sikap :
  1. Menjaga kepercayaan, untuk selalu berprasangka baik kepada mentor. Misal diminta belajar menulis surat  bisnis, belajar presentasi dll, termasuk ketika ditegur sebaiknya tetap ada prasangka baik
  2. Tekad bulat konsisten untuk maju dan menambah pengetahuan daya saing
  3. Selalu terbuka kepada ilmu baru dan ide baru demi kesuksesan bersama, ketik ide dan ilmu itu tidak sesuai maka tetap diterima dengan lapang dada  tidak mengumpat dll siapa tahu ilmu itu akan berguna nanti di masa-masa mendatang, sekali lagi Mentoring adalah teamwork, menjaga suasana sesama peserta adalah wajib.
  4. Sabar dan bersedia menerima koreksi dan masukan dari mentor dan mentee untuk konsisten
  5. Ikhlas mempraktekkan atau improvisasi untuk peningkatan
  6. Tertib terhadap waktu dan aturan main, karena ini demi sukses bersama dalam tim
  7. Konsisten dan fokus untuk tidak berganti-ganti pola yang belum terbukti, atau sekedar iseng mencoba dari temuan dinternet, karena akan mempersulit monitoring dan evaluasi.
  8. Komunikatif saling menghargai sesama mentee dan kepada mentor, jangan mengolok-olok
  9. Memahami perkembangan, mengamati kapan bisa bertanya, memotong perkataan dan saat minta bantuan
Selamat menjadi mentee yang baik dalam setiap mentoring bisnis.