Minggu, 15 November 2015

Hypnotic Copywriting


Sharing dari hasil kuliah WA , materi Hypnotic Copywriting dgn ibu Elyati Bahri pengurus GenPro Pusat ...  selamat membaca..

Terjun di dunia jualan online tidak serta merta menjadikan orang langsung berhasil dan jualannya laku keras. Ada cara-cara tertentu yang harus diperhatikan dan diterapkan apabila Anda ingin mulai belajar jualan online dan ingin cepat berkembang.

Sebagaimana yang antum ketahui, pengguna internet semakin hari semakin bertambah
Ada 70 juta pengguna facebook.
Dan fenomena saat ini..beberapa toko offline atau mall seperti mangga dua dll mulai ditinggalkan oleh pembeli.
Mereka beralih ke online
Ketika antum masuk ke dalam bisnis online..maka 2 hal ini menjadi penting :
  1. Visual
  2. Content
Hypnotic Copywriting #1

Kenalan sama copywriting yuk...

Apa itu copywriting?

Copywriting adalah tulisan yang dibuat untuk membujuk orang membeli apa yang kita tawarkan. Atau gampangnya, copywriting adalah script/naskah iklan. Dalam dunia iklan, copywriting ini penting namun bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan iklan kita. Ada faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan iklan.

Apa saja faktor-faktornya?
  1. Produk yang bagus (sudah jelas pasti ya :D)
  2. Traffic (jumlah kunjungan/pembaca iklan, atau prospek tertarget)
  3. Copywriting
Produk yang bagus artinya produk yang dibutuhkan oleh pasar. Syukur-syukur kalau punya keunggulan dan keunikan. Produk yang bagus tanpa didukung oleh copywriting yang bagus membuat target market kita tidak mengetahui apa keunggulan produk kita.

Produk dan copywriting yang bagus tanpa traffic (jumlah pengunjung) yang banyak juga tidak akan menghasilkan penjualan.

Copywriting dan traffic yang bagus tanpa produk yang bagus sama dengan penipuan he he...
Maka, jika Anda serius berjualan online, ketiga faktor ini perlu digarap secara serius agar iklan kita menghasilkan penjualan yang optimal.

Hypnotic Copywriting #2

Seperti apakah struktur copywriting yang menjual? Pioner industri iklan di Amerika pada awal tahun 1900-an St. Elmo Lewis menjawabnya dengan kalimat sebagai berikut:
“Misi dari sebuah iklan adalah menarik (attract) pembacanya, sehingga ia mau melihat iklan tersebut dan mulai membacanya; kemudian membangkitkan ketertarikan (interest); membuatnya yakin (convince), sehingga ketika ia membacanya ia menjadi yakin. Jika sebuah iklan mengandung tiga kualitas ini, maka ia menjadi sebuah iklan yang sukses”

Jadi, menurut St. Elmo Lewis, sebuah copywriting iklan yang sukses harus mengandung tiga unsur:
  1. Attract Attention (menarik perhatian)
  2. Create Interest (menciptakan ketertarikan)
  3. Create Convince (memunculkan keyakinan)
Sementara itu, Fred Macey seorang ahli periklanan di masa yang sama dengan Elmo Lewis juga pernah menyampaikan:
Pertama, sebuah iklan harus mendapat perhatian (attention).
Kedua, menciptakan minat/ketertarikan (interest).
Ketiga, menciptakan keinginan untuk membeli (desire to buy).
Keempat, setelah keinginan untuk membeli kita perlu membantu mereka untuk mengambil keputusan (decision).

Versi Fred Macey sebuah copywriting perlu mengandung empat hal:
  1. Attention (menarik perhatian)
  2. Interest (memunculkan ketertarikan)
  3. Desire to buy (memunculkan keinginan untuk membeli)
  4. Decision (mendorong keputusan untuk bertindak)
Pertanyaannya, apakah konsep yang muncul di awal tahun 1900-an ini masih berlaku di era digital sekarang?

Hal yang paling penting dari copywriting adalah "Headline" karena itulah yang pertama kali pembaca Anda lihat.
Ibarat kata, Headline= Iklan itu sendiri.
Tentunya Headline yang bagus perlu didukung dengan konten yang berkualitas agar pembaca tertarik membeli produk Anda.

Contoh :
Kira - kita menurut kalian, berapa harga sebuah kacamata ? 200.000 ? 300.000 ?
Tapi jika ada penambahan informasi bahwa kacamata tersebut original dan bukan beli di pinggir jalan. jadi berapa harganya ? 500.000 ? 1.000.000 ?
Jika Ada lagi tambahan Informasi bahwa kacamata tersebut langsung dari Italy, bisa tebak harganya ?
Yaa... harganya semakin naik karena Informasi dari kacamata tersebut lengkap. Anda butuh mengedukasi calon customer Anda agar mereka tau bahwa produk yang Anda tawarkan sangat bernilai.

Sekarang Antum tahu bahwa untuk meningkatkan harga, Antum bisa menggunakan ilmu copywriting.

Kalau harga naik, artinya profit Anda naik.

Sehingga rumusnya menjadi Kuasai Ilmu Copywriting = Income Lebih Tinggi

Hypnotic Copywriting #3

Bagaimana urut-urutan merancang sebuah copywriting yang menjual? Sederhana saja. Teman-teman dapat ikuti proses lima langkah berikut ini.

Pertama, Tentukan RESPON yang Anda inginkan. Anda ingin pembaca iklan Anda melakukan apa? Dalam dunia copywriting bagian ini disebut dengan "CTA" alias "CALL TO ACTION" alias Ajakan untuk Bertindak.
- Ingin Pembaca Datang ke Toko? Kapan? Tulis “KUNJUNGI TOKO ABC Hari Sabtu 5 September pk.14.00-18.00”
- Ingin Pembaca Menelpon? Tulis “TELEPON SEKARANG KE (022) 251545”
- Ingin Pembaca Mendaftar via SMS? Tulis “DAFTAR SEKARANG, SMS Ke 0818626000”
- Ingin Pembaca meng-klik LINK yang Anda bagikan? "KLIK link berikut ini SEKARANG"

Kedua, Buat PENAWARAN Anda. Apa alasannya mengapa pembaca harus bertindak sekarang?
Berikut contohnya:
- DISKON 50% khusus pembelian pada hari Sabtu 5 September pk.14.00-18.00 di Toko ABC
- Beli 2 GRATIS 1
- Daftar berdua sebelum 5 Okt, gratis untuk 1 orang
- Diskon 20% khusus 5 Pendaftar Pertama

Hypnotic Copywriting #4

Bagaimana Menulis Headline yang Menjual
  1. Pahami target pasar Anda. Lihatlah dari sudut pandang target pasa Anda. Apa yang menarik bagi mereka? Apa yang penting bagi mereka? Apa kekhawatiran dan harapan mereka?
  2. Pikirkan headline setelah naskah iklan Anda selesai. Bukan sebaliknya.
  3. Buat beberapa macam headline. Baca keras-keras untuk menentukan mana yang paling enak dan mudah dibaca.
  4. Ambil BENEFIT terpenting yang Anda tawarkan, masukan benefit tersebut dalam headline Anda.
  5. Masukan produk atau masalah yang terselesaikan oleh produk Anda di dalam headline yang Anda buat.
  6. Gunakan template headline yang saya contohkan di artikel copywriting berikutnya
  7. Tes dan ukur headline Anda. Gunakan headline yang terbukti menghasilkan penjualan.
  8. Buat sesederhana mungkin. Headline yang kompleks menyulitkan pembaca iklan Anda dan membuat mereka bosan.
Artikel setelah ini insyaallah akan membahas berbagai contoh template headline yang dapat temen-temen manfaatkan.

Hypnotic Copywriting #5

Inilah 8 TEMPLATE HEADLINE KLASIK yang dapat Anda manfaatkan dalam copywriting Anda.
Catatan: sebagian besar template headline klasik ini saya ambil dari bukunya Dan Kennedy.

(1) "Apakah Anda ____________ ?"
“Apakah Anda siap memiliki rumah indah di pusat Kota Bandung?"

(2) “Bagaimana Saya _______________”
“Bagaimana saya menghasilkan puluhan juta per bulan melalui internet marketing"

(3) “Bagaimana Cara ______________”
“Bagaimana cara turunkan berat badan 10 kg dalam waktu kurang dari 1 bulan tanpa diet ketat”
Variasi:
- Bagaimana ...... dan .....
- Bagaimana ...... dalam .....
- Bagaimana ...... meskipun ......
- Bagaimana ...... seperti ......
- Bagaimana ...... tanpa ......

(4) “Rahasia ____________”
“Rahasia menghasilkan puluhan juta per bulan melalui Facebook kini terbongkar…”

(5) “Ribuan (ratusan, jutaan) orang kini ______________, meskipun mereka ________________.”
“Ratusan orang kini bisa membuat desain iklan yang menarik, meskipun mereka tidak bisa menggunakan Photosop"

(6) “Perhatian: ___________________.”
“Perhatian: inilah rahasia yang ditutup rapat-rapat oleh orang-orang terkaya di dunia"
“Berikan saya _____________ dan saya akan _________________.”
“Berikan saya waktu 10 menit sekarang dan saya akan tunjukkan kepada Anda bagaimana cara saya mendapatkan ratusan orang pelanggan melalui blog gratisan"

(7) “X Cara untuk ______________”
“4 Cara Umroh dengan Biaya Minimal atau bahkan GRATIS”
Variasi:
X cara mudah/benar/cepat untuk ....
X tips untuk .....
X langkah untuk .....

(8) "Inilah cara yang diketahui hanya oleh segelintir orang untuk ____________"
"Inilah cara yang diketahui hanya oleh segelintir orang untuk pergi umroh dengan biaya minimal atau bahkan GRATIS"
Variasi:
- Inilah panduan terbaik untuk .....
- Inilah solusi terbaik untuk .....

SIlakan berlatih menggunakan 8 template headline klasik di atas.